Jenis-Jenis Makanan Ini Baik Untuk Buka Puasa Kamu


Kamu pasti tahu kan saat berpuasa kamu diwajibkan untuk tidak makan dan minum. Jadi, asupan nutrisi hanya ada saat kamu sahur dan berbuka puasa. Untuk memenuhi nutrisimu, kamu perlu mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi baik. Berikut jenis-jenis makanan yang baik untuk kamu yang berpuasa.

1. Kurma
Kurma sangat populer saat bulan Ramadhan. Bahkan, kurma disunahkan untuk dikonsumsi. Namun ternyata kurma memang baik bagi kesehatan tubuh kamu. Kurma mengandung zat yang kaya akan glukosa, fruktosa, dan sukrosa dengan kadar kalori rendah, hal ini sangat efektif untuk mengembalikan energi pada sel-sel otak, sel syaraf, sel tulang belakang, sel darah merah dan seluruh tubuh. Selain itu, kandungan garam pada kurma juga sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dalam darah.

2. Madu
Madu juga sangat baik untuk kamu konsumsi saat kamu berpuasa. Madu mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menyembuhkan hampir semua penyakit. Kandungan karbohidrat (glukosa dan fruktosa) yang langsung cepat diserap tubuh akan berfungsi untuk mengembalikan energi dan stamina untuk tubuh kamu.

3. Buah-Buahan
Jangan lupakan konsumsi buah-buahan saat kamu berpuasa. Buah dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi dehidrasi setelah berpuasa satu hari penuh. Buah-buahan sangat mudah dicerna usus, maka buah sangat dianjurkan untuk orang yang berpuasa.

4. Sayur-Sayuran
Saat lambung kamu istirahat satu harian penuh, tubuhmu butuh makanan yang mudah dicerna. Hal tersebut karena ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang. Apabila yang kita konsumsi terdapat makanan yang berat saat berbuka puasa, lambung akan shock dan bekerja lebih berat, tentunya ini tidak baik untuk kesehatan.

5. Ikan
Saat sahur atau berbuka, tidak lengkap mengonsumsi nasi tanpa lauk, pilihlah ikan sebagai lauk kamu. Ikan banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, hal itu karena daging ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, antioksidan, protein hewani, vitamin D dan B2 serta sejumlah mineral. Ikan mengandung banyak mengandung protein, berbeda dengan daging yang bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti kolesterol jika dikonsumsi terlalu banyak.

Untuk kamu yang berpuasa, yuk jaga makanan-makananmu saat berbuka dan sahur. Kesehatan tubuhmu tanggung jawabmu.

(Sumber:http://www.benefit.co.id)