Beberapa Jenis Jus Buah yang Sangat Bermanfaat Bila Dikonsumsi Ibu Hamil



Ketika hamil, calon ibu sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi yang diperluoan janin. Selain makanan bergizi, nutrisi juga bisa terpenuhi dengan konsumsi jus dari berbagai jenis buah. Berikut ini berbagai jenis jus yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil;

Apel 
Campurkan sedikit seledri dengan jus apel untuk mengatasi gangguan tidur selama hamil. Bisa juga dicampur dengan bayam. Kombinasi pektin dalam apel dan asam oksalik pada bayam ampuh “melepaskan” kotoran di usus besar yang telah mengendap berhari-hari. Zat pektin dalam apel juga membantu menurunkan kadar kolesterol yang mengganggu fungsi jantung.

Wortel
Energi instant jika ibu hamil letih lesu, mengurangi kadar gula darah pada ibu hamil dengan gangguan diabetes, dan mencegah darah tinggi dan pre-eklampsia.

Alpukat 
Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak saja menjadi sumber energi yang dibutuhkan ibu hamil, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

Belewah
Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus. Gula alami dan enzim yang dikandung belewah mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa sehingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, dan rasa mual.

Jeruk
Mengandung vitamin C sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel. Bagi mereka yang memiliki gangguan lambung, tentu pilih buah jeruk yang tidak terlalu asam.

(Sumber:sehatkanlah.com)