Punya Anak, Gaji Pria Bisa Melambung Tinggi



Memiliki anak, ternyata berimbas positif pada kehidupan pria. Selain membuat kepribadian dan suasana hati pria menjadi bahagia, peneliti dari TUC juga menemukan, jika anak memengaruhi pendapatan pria sehingga lebih besar, daripada pria yang tidak memiliki anak.

Pria yang telah menjadi seorang ayah, pendapatannya lebih tinggi 21 persen daripada pria yang tak memiliki anak. Bahkan, jika pria memiliki dua orang anak anak, pendapatannya bertambah lagi sembilan persen menjadi 30 persen lebih tinggi daripada yang tidak memiliki anak.

"Ini seperti kontras dengan pengalaman yang dirasakan oleh para ibu pekerja, mereka seringkali mendapati pendapatannya turun setelah memiliki anak. Namun, menjadi ayah ternyata memiliki efek yang positif bagi pendapatan pria," ujar sekretaris umum TUC, Frances O'Grady.

Berdasarkan laporan penelitian, pendapatan pria yang memiliki anak melambung tinggi, disebabkan mereka bekerja lebih keras. 

Karyawan pria melihat perannya menjadi ayah, berarti harus dapat diandalkan, untuk itu mereka bekerja lebih lama dengan memberi perjuangan yang lebih.

Sayangnya, menurut O'Grady, mesi pria lebih aktif dan berusaha di tempat kerja bagi anak-anaknya, mereka menjadi ragu untuk meminta waktu jam kerja yang lebih fleksibel atau cuti untuk dapat menghabiskan waktu bersama anak. Sebab, mereka takut jika hal tersebut dapat mempengaruhi prospek karier ke depan.

(Sumber:female.kompas.com)