Mahkota Dewa, Si Cantik dari Papua Penyembuh Penyakit Segala Usia



Jika anda mendengar kata Papua, pasti yang terngiang dalam benak anda adalah keindahan wisata alamnya seperti ‘’ Raja Ampat ’’, maupun destinasi wisata lainnya. Namun, tahukah anda jika Papua memiliki tanaman obat yang mempunyai segudang khasiat luar biasa. Dialah ‘’ Mahkota Dewa ’’, tanaman obat nan cantik, yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit untuk semua kalangan usia.

Selain cantik dan kerap digunakan sebagai tanaman hias, karena mempunyai buah yang warnanya merah menyala dari batang utama hingga ke ranting, tanaman obat yang mempunyai nama ilmiah Phaleria Macrocarpa ini, juga mempunyai khasiat yang luar biasa. Yakni bisa menyembuhkan berbagai penyakit berat seperti kanker, tumor, darah tinggi, diabetes, rematik, asam urat, jantung, ginjal, enzim ( gatal - gatal ), hepatitis, liver, kecanduan narkoba, serta berbagai penyakit lainnya.

Selain itu, jenis tanaman obat yang mudah ditanam ini, juga mampu mengobati berbagai penyakit lain seperti menetralisir racun karena mengandung zat Alkaloid, mengandung zat Saponin yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, dan mengurangi penggumpalan darah.

Selain itu, tanaman obat yang mempunyai ciri - ciri mempunyai ketinggian hingga sekitar 3 meter ini, juga memikili kandungan zat flavonoid yang berfungsi sebagai anit oksidan, anti radang, mengurangi kadar resiko penyakit jantung koroner, melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, serta membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan. Lebih lanjut tanaman obat asal tanah Papua ini, ternyata juga mengandung zat polifenol yang berfungsi sebagai anti alergi.

Namun, kendati mempunyai segudang manfaat, jangan sembarang mengkonsumsinya batang, daun, buah, kulit, maupun bijinya ya, sebab, selain bermanfaat menyembuhkan berbagai macam penyakit, '' Mahkota Dewa '' ternyata juga mempunyai kandungan racun, yang dapat menyebabkan mulut bengkak, sariawan, mabuk, kejang, dan bahkan sampai pingsan.

Bagi wanita, saat sedang haid, jangan coba - coba mengkonsumsinya sebab kandungan berbagai zat di dalam buah ini, yang mempunyai khasiat melawan sel kanker, bisa menggerus dinding rahim, sehingga bisa membuat pendarahan. Selain itu, wanita yang hamil muda juga tidak dianjurkan mengkonsumsi buah '' Mahkota Dewa '' yang rasanya pahit ini, sebab dapat memacu kerja otot rahim, sehingga mempermudah atau mempercepat proses persalinan.

Jika anda ingin mengkonsumsi tanaman obat ini, sebaiknya konsultasikan dengan ahli kesehatan seperti dokter, serta perhatikan dosis pemakaiannya, sehingga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.

(Sumber:http://tanahbumbu.merdeka.com/info-tanahbumbu/mahkota-dewa-si-cantik-dari-papua-penyembuh-penyakit-segala-usia-1605252.html)