Aplikasi Android "Om Telolet Om Banjiri Play Store



"Om telolet om," kalimat singkat itu kini banyak terdengar di media sosial. Fenomenanya pun kini sudah mewabah hingga dunia internasional dan melibatkan sejumlah selebritas mancanegara.

Para pembuat aplikasi buat smartphone pun tidak mau ketinggalan. Mereka telah akan memajang aneka software yg berkaitan dengan "telolet" di toko aplikasi Android Google Play Store, bahkan sejak dua bulan lalu.

Dari penelusuran KompasTekno pada Rabu (21/12/2016), pencarian kata "telolet" di Play Store bakal membuahkan puluhan aplikasi dalam hasil search.

Seusai dengan kata "telolet" yg merujuk kepada bunyi klakson bus antar-kota di Indonesia, sebagian besar berupa aplikasi bagi menghasilkan bunyi-bunyian atau ringtone dengan nada serupa.



Sebagian aplikasi kelihatan berhasil mengumpulkan angka download yg relatif banyak. Aplikasi berjudul Klakson Teloet (Big Bus Horn) yg terakhir diperbarui pada akhir Juli lalu, misalnya, memilki angka unduhan lebih dari 500.000.

"Ini adalah simulasi bunyi klakson bus besar di Indonesia. Ada 72 jenis bunyi 'telolet', dan 8 lagi yg mampu Anda tambah sendiri dengan tab MOD dan ratusan lagi yg dapat diunduh dengan tab DL," tulis pengembang Klakson Telolet dalam deskripsi aplikasinya.

Aplikasi yang lain yg bernama Klakson Telolet Po Garuda Mas mengkhususkan diri pada variasi bunyi klakson salah sesuatu pengelola bus antar kota.

"Mereka memiliki berbagai variasi bunyi klakson unik dan menarik seperti lagu dangdut, lagu nasional, dan masih banyak lainnya," sebut si pembikin game menuturkan alasannya fokus kepada pengelola bus dimaksud.

Daftar aplikasi "telolet" selengkapnya dapat dicari di toko Google Play Store dengan memasukkan kata kunci "telolet". Berbeda dari platform Android, toko aplikasi iOS Apple App Store sama sekali tak memuat aplikasi bertema "telolet"



Sumber:
http://tekno.kompas.com/read/2016/12/21/16150047/aplikasi.android.om.telolet.om.banjiri.play.store