Manfaat Daun Bawang Untuk Menyembuhkan Banyak Penyakit, Begini Olahannya



Daun Bawang termasuk salah satu jenis sayuran yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan masakan .daun dari tanaman bawang ini biasanya menjadi sayuran tambahan dalam beberapa jenis kuliner khas Indonesia.seperti sop,soto,mie bakso,mie ayam, martabak,gorengan dan lain sebagainya.

Selain menambah nikmat rasa masakan atau makanan, daun bawang ternyata juga sangat menyehat kan.banyak zat gizi yg terkandung pada daun bawang seperti vitamin A ,vitamin K,vitamin C,vitamin E ,allicin ,kalori,karoten asam folat,xanthin, mineral, serta bersifat anti oksidan.

Manfaat 
Khasiat yang terdapat pada daun bawang antara lain untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi, sebagai anti-bakteri, anti virus, anti-jamur, menjaga tubuh dari infeksi dan efek radikal bebas, menekan tingkat gula darah, membantu pencernaan tubuh, memperlancar sirkulasi darah, mencegah anemia, serta sangat berguna bagi ibu hamil karena mengandung asam folat.

Tak hanya itu, daun bawang juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan banyak penyakit, misalnya flu karena daun ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, diabetes, cacingan, infeksi, serta, menyehatkan jantung. Daun bawang juga menjadi sumber zat besi, kaya akan serat, serta rendah kalori .

Olahan 
Tidak sedikit jenis masakan yang menggunakan daun bawang sebagai bahan pendukungnya. Bahkan, daun bawang juga bisa diolah menjadi sambal yang nikmat. Berikut ini resep dan cara membuatnya:

Sambal Daun Bawang 

Bahan:
1 ikat bunga daun bawang, dirajang
Cabai merah sesuai selera, diulek halus 
2 buah tomat segar, dipotong-potong
2 siung bawang merah, diulek 
2 siung bawang putih, diulek 
Garam secukupnya 
Gula secukupnya 
Air putih 100ml atau secukupnya 
Minyak goreng untuk menumis 

Cara membuat :
Panaskan minyak goreng, tumis daun bawang hingga setengah layu . 
Masukkan tomat, cabai, bawang merah, dan bawang putih yang sudah dihaluskan, ditumis sebentar.
Tambahkan air, gula dan garam, terus dimasak sambil diaduk-aduk, hingga air menyusut, lalu angkat. 
Siap disantap bersama nasi, sayur, dan lauk pauk. (Sumber:reportaseterkini.net)