Jangan Sepelekan Aluminium Foil, Anda Tak Akan Menyangka Ternyata Banyak Manfaatnya


Kita pasti tahu aluminium foil sering digunakan untuk membungkus makanan. Aluminium foil sudah ada sejak awal 1900an.

Beberapa tahun terakhir lembaran berwarna perak mengkilat itu memiliki berbagai fungsi. Tak heran bila sering terdapat di dapur seluruh dunia.

Namun jangan berpikir manfaat aluminium foil sebatas membungkus makanan saja. Sebab seperti dilansir Healthy Food Team, benda satu ini banyak manfaatnya.

Berikut di antaranya:

1. Mencegah gula menggumpal.
Tidak perlu khawatir jika gula merah Anda berubah berubah menjadi bongkahan. Cukup bungkus dalam beberapa aluminium foil dan biarkan dalam oven selama 5 menit pada 150ยบ C. Gula tersebut akan pergi ke keadaan normal.

2. Membuat makanan panggang tetap segar lebih lama.
Roti, cookies, atau makanan panggang akan segar lebih lama. Caranya, bungkus segera dengan aluminium foil begitu keluar dari oven.

3. Kembalikan kilau pada peralatan Anda.
Jika kilau perkakas Anda mulai redup, ambil aluminium foil. Kemudian tambahkan sedikit air dan 2 sendok makan garam. Benamkan peralatan itu dalam campuran ini selama 3 menit. Setelah itu keringkan, lalu gosok menggunakan kain katun.

4. Perhiasan jadi bersinar lagi.
Kembalikan sinar perhiasan Anda dengan cara yang sama. Tempatkan di dasar panci, tambahkan beberapa deterjen cair. Celupkan perhiasan Anda di dalam panci dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu cuci dan keringkan.

5. Menyetrika jadi mudah.
Letakkan selembar aluminium foil di bawah, dan kain di atasnya. Pakaian jadi licin atas bawah sekaligus.

6. Membersihkan setrika.
Agar setrika terlihat seperti baru, taruh beberapa aluminium foil di papan setrika dan tambahkan garam di atasnya. Gosokkan setrika di atas aluminium foil. Ini akan menghilangkan noda apapun yang lengket di besi sehingga lebih bersih dari sebelumnya.

7. Menajamkan gunting.
Untuk mempertajam gunting, cukup lipat selembar aluminium foil beberapa kali, kemudian dipotong di beberapa tempat. Ini akan membuat gunting tajam lagi.

8. Membuat serangga menjauh.
Lindungi tanaman Anda dari serangga perusak dengan menempatkan potongan aluminium foil di pot.

9. Menjaga even bebas noda.
Agar oven tidak bernoda, lapisi dengan aluminium foil sebelum menggunakannya. Ini akan membuat oven bebas noda dan menghemat banyak waktu untuk membersihkan noda minyak membandel.

10. Memperpanjang masa simpan sabun tangan Anda.
Bungkus sabun tangan dengan beberapa lapis aluminium foil. Ini akan menjaga kotaknya dan tidak tumpah.

11. Bersihkan panci.
Agar benda-benda seperti panci logam terlihat seperti baru, remas aluminium foil membentuk bola. Kemudian gosokkan pada benda tersebut ketika mencuci.

12. Memindahkan perabotan jadi mudah.
Letakkan potongan kecil aluminium foil di bawah kaki perabotan besar. Ini akan memudahkan saat menggeser furnitur tersebut di atas permukaan yang licin. Karena bagian tak mengkilat aluminium foil lebih licin dari sisi yang mengkilap, maka gunakan sisi bawahnya.

13. Bersihkan alat pemanggang barbecue.
Letakkan selembar aluminium foil di atas alat panggang agar bersih dari sisa makanan setelah membuat steak panggang. Selain itu dapat membuat panas merata di alat panggang. Letakkan selembar aluminium foil pada panggangan selama 10 menit. Lalu, lepaskan lembaran aluminium foil ini sesaat sebelum mulai memanggang.

14. Meningkatkan pencahayaan luar ruangan.
Anda Mudah dapat mencerahkan pencahayaan listrik di halaman rumah atau perkemahan dengan menempatkan beberapa aluminium foil sebagai reflektor belakang cahaya.