Sang Ayah Rela Tinggal Di Toilet Demi Kirim Uang Untuk Anak dan Istrinya


Ayah merupakan kepala keluarga yang memimpin anak istrinya, selain itu seorang ayah juga memiliki tanggung jawab untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari banyak para ayah yang yang rela melakukan apa saja demi tercukupinya semua kebutuhan anak dan istrinya.

Sebuah kisah nyata berasal dari seorang pria berusia 40 tahun asal India bernama Premraj. Ia rela tinggal di sebuah toilet umum demi menghemat pengeluaran bulanan, semata-mata untuk tambahan uang yang akan di kirimkan ke keluarganya yang ada di desa.

Premraj ini merantau ke kota Delhi dan bekerja di sana. Ia bekerja sebagai petugas kebersihan toilet umum dan juga bertugas sebagai penjaga keamanan toilet tersebut. Sementara anak istrinya tinggal di desa Punjab. Premraj merantau dengan harapan supaya keadaan ekonominya lebih baik dibanding hanya tinggal di desa yang pendapatannya kurang untuk pemenuhan kebutuhannya.

Di Delhi, bekerja sebagai petugas keamanan toilet sekaligus bertugas memberihkan toilet umum mendapat gaji bulanan sebesar 70 Poundsterling atau setara Rp 1.3 juta. Dengan pendapatan tersebut, Premraj harus berhati-hati dalam membelanjakan uang tersebut, agar uangnya dapat dikirimkan ke desa untuk anak istrinya.

Ia sengaja tidak menyewa rumah sebagai kontrakannya agar lebih menghemat, ia memilih tinggal di toilet umum. Di sebuah ruangan kecil yang seharusnya digunakan untuk menyimpan peralatan pembersih toilet, namun ia manfaatkan sebagai tempat tinggal. Setiap hari ia tidur, masak dan makan diruangan kecil tersebut.

Premraj tidak merasa jijik dengan keadaan tersebut, meskipun ada seseorang yang menunaikan hajatnya, ia tetap enjoy menikmatinya. Justru ia merasa sedih saat jam 9 malam tiba, sebab toilet tersebut harus tutup. Dengan demikian, Premraj merasa kesepian saat waktu menunjukkan jam tersebut.

Istri Premraj juga sudah mengetahui pekerjaannya, sang istri tidak merasa keberatan jika suaminya bekerja sebagai petugas kebersihan toilet. Namun sang istri memberikan dukungan penuh untuknya. Premraj sudah nyaman dengan apa yang dijalaninya. Sudah 3 tahun ia manjalani pekerjaan tersebut, dan tetap bersyukur dengan apa yang diperolehnya.