Manfaat Dan Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh, Hati, Jantung dan Ginjal, Begini Cara Mengolahnya



Temulawak. Tumbuhan ini asli Indoesia dengan beragam nama dan identik dengan jamu di Jawa disebut temulawak, di Sunda disebut koneng gede, sedangkan di Madura disebut temulawak. Nama latin dari tumbuhan ini adalah curcuma xanthorriza . Temulawak tumbuh menyebar hingga ke India, China, Dan juga Korea.

Manfaat
Temulawak memiliki bentuk dan warna yang hampir mirip dengan kunyit . Tumbuhan ini memiliki beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya, antara lain berupa fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap. Kemudian minyak astiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol serta kurkuminoid.

Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang bermanfaat menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesteroldan trigliserida darah, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan. Sedangkan minyak astiri menyimpan khasiat untuk meningkatkan produksi getah empedu dan menekan pembengkakan jaringan.

Dalam beberapa penelitian, misalnya ditahun 2006, clinical gastroenterologyand hepatology menyatakan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan pada ulcerative colitis(pencernaan) mendapati penyakitnya semakin membaik dengan mengkonsumsi suplemen temulawak secar teratur.
Temulawak juga efektif mengatasi penyakit kanker, seperti kanker payudara, usus, dan prostat. Dari jurnal ilmiah “The Prostat”, diketahui bahwa kandungan curcumin dalam temulawak dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. The University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa curcuma bekerja menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker.

Manfaat lainnya, temulawak dipakai untuk meredakan peradangan, seperti osteoarthritis . Tumbuhan ini juga dipercaya mampu menjaga kesehatan liver. Rimpang temulawak mengandung curcumin yang berperan : Meningkatkan aktivitas enzim gluthatione S-transferase (GST) serta kelompok enzim glutathione lain(Gs-x) dalam hati yang meiliki peranan penting sebagai detoksifikasi dan antioksidan.

Olahan
Begitu banyak manfaat temulawak untuk kesehatan , sayangnya orang jarang memanfaatkan tumbuhan ini . nah, Anda ingin mencoba khasiat rasa yang enak , berikut resep minuman dengan bahan utama temulawak di mix dengan bahan lain.

Bahan :
Temulawak 50 gram 
Asam kawak (tanpa biji) 20 gram 
Kencur 25 gram 
Air matang 100ml 
Gula aren 100gram 
Daun pandan 2 lembar 
Air 1 liter 

Cara membuat :
- Iris tipis temulawak dan kencur, sangria sebentar. 
- Campur temulawak, asam kawak, kencur, jinten dan 100 ml air matang kemudian haluskan dengan blender . 
- Didihkan air dengan gula dan daun pandan hingga gula larut. 
- Campur campuran temulawak dengan rebusan air gula , aduk rata .
- Setelah itu saring ampas.
- Minuman siap disajikan hangat maupun dingin.
  (Sumber: reportaseterkini.net)