Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Kulit



Air kelapa yang memiliki rasa manis dan sedikit asin merupakan minuman yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Air kelapa dikenal mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya bagi kesehatan kulit.

Air kelapa mempunyai kandungan kalori yang rendah, yakni 44 kalori per 1 gelas, dan mengandung beberapa komponen penting, seperti vitamin C, kalium, kalsium, dan magnesium. 

Manfaat air kelapa yang bisa dirasakan oleh kulit Anda, yakni: 

1. Hidrasi kulit 
Setiap organ di dalam tubuh kita, termasuk kulit, pastinya membutuhkan air untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Segelas air kelapa adalah pilihan yang tepat untuk hidrasi organ tubuh, terutama kulit. Konsumsi air kelapa akan membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan bercahaya. 

2. Nutrisi untuk energi 
Karbohidrat adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit, sehingga apabila kita kurang mengonsumsi karbohidrat maka kerusakan struktur kulit dapat terjadi. Nah, kalori yang berasal dari air kelapa banyak berasal dari karbohidrat. Karbohidrat tersebut akan diubah menjadi glukosa oleh tubuh kita melalui proses metabolisme di dalam saluran pencernaan. Glukosa tersebut merupakan komponen energi utama yang dibutuhkan kulit Anda. 

3. Vitamin C untuk elastisitas kulit 
Vitamin C adalah nutrisi yang vital bagi kesehatan kulit. Tubuh membutuhkan asupan vitamin C yang adekuat untuk membuat kolagen. Kolagen adalah protein yang menjaga elastisitas kulit dan penting untuk penyembuhan luka. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan, sehingga vitamin C juga melindungi kulit kita dari paparan radiasi sinar matahari. Satu gelas air kelapa mengandung 24 miligram vitamin C. Kandungan vitamin C pada air kelapa mampu memenuhi 40% kebutuhan harian tubuh kita.

(Sumber:klikdokter.com)