Seperti Inilah Keistimewaan Ramadhan di Mesir



Ramadhan adalah bulan istimewa bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Bulan penuh keajaiban ini biasa disertai dengan banyaknya tradisi berwarna di setiap negara, khususnya negara Muslim. Otoritas Pariwisata Mesir menggambarkan seperti apa keistimewaan Ramadhan di negeri Piramida ini.

Bulan suci Ramadhan tidak akan dimulai sampai hilal benar-benar terlihat. Pada malam pertama Ramadhan, seluruh masjid di Mesir penuh oleh jamaah yang akan melaksanakan ibadah shalat Tarawih.

Selama bulan Ramadhan, televisi Mesir mendapat banyak keuntungan dengan menayangkan lebih dari 30 serial televisi. Bahkan kita dapat menemukan saluran televisi khusus yang diluncurkan untuk serial TV Ramadhan.

Ramadhan juga menjadi salah satu musim belanja makanan tertinggi di Mesir dengan banyaknya keluarga yang keluar untuk “Belanja Ramadhan.” Penting untuk dicatat bahwa warga Mesir cenderung menghindari makanan laut selama bulan Ramadhan.

Pada bulan suci ini juga muncul tradisi yang tidak biasa di Mesir yang sangat dihormati dan dipraktekkan, salah satu kebiasaan terkenal saat Ramadhan di Mesir disebut “Ma’edat Al-Rahman.”

Tidak ada terjemahan bahasa Inggris untuk kata-kata tersebut. Namun kata-kata ini lebih dekat artinya dengan “Meja murah hati,” di mana seseorang memberikan sebuah tenda dengan meja dan kursi. Lalu mereka yang mendapatkan tenda ini mendistribusikan makanan dan minuman khusus bagi warga Muslim yang tidak mampu untuk berbuka puasa dengan makanan yang layak. 

(Sumber:https://www.islampos.com)