Trik Mengatasi Mata Lelah Usai Bekerja di Depan Komputer



Orang yang menatap layar komputer terlalu lama biasanya akan mengalami keluhan mata kering, sakit di bagian kepala dan leher, hingga buramnya penglihatan.

Jika merasakan hal tersebut, Anda berarti sedang mengalami Computer Vision Syndrome (CVS). Kondisi ini juga terjadi pada anak-anak yang terlalu lama bermain video game atau tablet.

Computer vision syndrome lebih sering terjadi pada individu yang memiliki gangguan mata, seperti rabun jauh (minus) dan astigmatisma (silinder). Saat melaksanakan tugas di depan monitor, pengidap penyakit ini terpaksa harus memfokuskan matanya sehingga otot mata menjadi lelah.

Ada delapan cara untuk meringankan gejala tersebut.

1. Mencuci mata
Cuci mata setiap dua jam sekali untuk menurunkan tingkat stres, dan membuat mata kembali segar.

2. Istirahat
Setalah 20 menit menatap layar komputer, palingkan wajah Anda ke arah lain selama beberapa saat. Anda bisa melihat ke arah benda yang berjarak 6 meter dari tempat duduk selama 20 detik.

3. Jarak pandang yang benar
Atur monitor tepat di bawah pandangan mata, dengan jarak 30-38 sentimeter dari komputer.

4. Gunakan mentimun
Mentimun adalah salah satu pengobatan alami yang baik untuk mata. Tempelkan irisan tipis mentimun pada mata untuk menyejukkan mata dan menghilangkan stres.

5. Gunakan kacamata khusus
Ada satu kacamata khusus yang didesain untuk menghalau cahaya layar komputer. Kacamata tersebut berfungsi melindungi mata dari layar biru sehingga mata akan mengalami tekanan yang lebih sedikit.

6. Makan buah malaka
Buah malaka dapat meringankan gejala CVS. Campurkan bubuk malaka dalam segelas air dan minum dua kali sehari secara rutin.

7. Pencahayaan yang cukup
Hindari bekerja di depan layar kompetar dengan pencahayaan yang redup. Selain itu, posisikan komputer sebaik mungkin agar cahaya ruangan atau dari jendela tidak memantul pada layar. Hal tersebut dapat mengaburkan penglihatan.

8. Gunakan tetes mata
Gunakan tetes mata isotin agar mata tetap lembab. Jenis obat ini mengurangi inflamasi, iritasi, dan mata merah. Sebaiknya gunakan tiga kali sehari untuk kesehatan mata.

(Sumber:http://rona.metrotvnews.com)