Keren, Daun Pandan Bisa Jadi Penetral Racun Lho



Daun pandan bukan tanaman yang baru bagi masyarakat Asia Tenggara. Aroma wanginya sudah sejak lama dipakai untuk mengolah berbagai jenis masakan dan minuman di wilayah ini, sehingga budidaya tumbuhan tersebut banyak dilakukan di rumah-rumah.

Tak hanya memberi manfaat dalam menambah aroma masakan, daun pandan juga ternyata bisa bermanfaat bagi kesehatan, lho. Penasaran kan, ini beberapa manfaat daun yang berbentuk panjang itu seperti dikutip dari laman Health Digezt:

1. Atasi sembelit
Sembelit adalah tanda tubuh kurang serat atau kurang cairan. Jus daun pandan dapat Anda konsumsi siang dan malam untuk mengatasinya. Selain itu, teh daun pandan juga bisa Anda coba untuk mengatasinya. Rebus beberapa lembar daun pandan, lalu minum airnya saat sudah hangat.

2. Kram perut
Masalah perut yang sering mengalami kram juga bisa diatasi dengan teh daun pandan atau jus pandan. Tanaman ini baik untuk masalah pencernaan.

3. Nafsu makan
Jika sedang kurang nafsu makan, maka minum teh daun pandan dapat membantu meningkatkan lagi selera makan Anda. Ini baik diminum usai sakit, saat tubuh banyak butuh mineral dan vitamin. Bagi wanita yang usai melahirkan, teh daun pandan juga membantu meningkatkan selera makan dan menambah tenaga.

4. Turunkan demam
Teh daun pandan sering dianjurkan oleh tabib untuk dikonsumsi saat pasien demam. Suhu tubuh dapat segera turun dan sakit pun lekas pulih.

5. Penetral racun
Tak hanya air kelapa hijau yang mampu menghilangkan atau menetralkan racun, namun teh daun pandan juga bisa. Ia sekaligus berfungsi membantu keluarnya racun dan kotoran dari dalam tubuh.

6. Cegah kanker
Secara rutin minum air pandan juga membantu proses penyembuhan kanker, karena ia menghambat kerja dari zat karsinogen.

7. Hilangkan ketombe
Membilas rambut dan kulit kepala dengan air pandan membantu mengurangi ketombe sekaligus menyuburkan rambut.

Masih banyak lagi manfaat daun pandan dalam kehidupan manusia, sehingga layak sekali Anda ttanam di halaman rumah.

(Sumber:catatanuang.com)